Cara Membuat Murai Batu Cepat Emosi

Cara Membuat Murai Batu Cepat Emosi

Emosi dan birahi pada Murai sangat berpengaruh terhadap kualitas kicauannya, sehingga cara membuat murai batu cepat emosi menjadi hal penting yang wajib diketahui. Terlebih jika Murai yang anda miliki akan diikutkan lomba, sehingga kondisi Murai yang pasif dan monoton tentu sangat merugikan.

Cara Membuat Murai Batu Cepat Emosi

Jika anda menemukan masalah ini pada Murai yang dipelihara, maka harus dilakukan perlakuan khusus demi meningkatkan emosinya. Namun, jika emosi Murai sudah normal dan stabil, anda tidak perlu melakukan proses ini, agar tidak mengganggu tingkat fokus dan menurunkan kinerjanya.

Cara Membuat Murai Batu Cepat Emosi

Ketika kondisi Murai terlihat pasif dan tidak bersemangat, maka ikutilah langkah-langkah cara membuat murai batu cepat emosi berikut untuk membuatnya lebih cepat emosi dan sensitif terhadap suara.

  1. Mengatur Makanannya

Makanan merupakan salah satu faktor utama yang paling berpengaruh dalam meningkatkan emosi Murai Batu. Agar kicauan Murai lebih bersemangat dan panjang ketika dilombakan, ataupun saat di sangkar, maka anda bisa mengatur komposisi makanannya dengan cara berikut :

  • Memperbanyak Pemberian Jangkrik dan Kroto

Jangkrik dan kroto adalah dua jenis serangga yang mengandung protein yang sangat tinggi. Sama dengan manusia, protein pada burung kicau juga mampu meningkatkan birahi yang membuat burung sensitif dan cepat emosi. Jika burung terlalu pasif, anda bisa memberikan jangkrik dan kroto dengan takaran dua kali lipat lebih banyak dari biasanya.

  • Memberikan Telur Puyuh

Selain jangkrik dan kroto, anda juga bisa memberikan telur puyuh pada Murai sebagai makanan selingan. Selain kandungan protein yang bisa meningkatkan birahi dan emosi, telur puyuh juga mengandung energi yang bisa meningkatkan stamina, sehingga Murai tidak kehabisan tenaga walaupun sedang emosi.

  1. Perbanyak Menjemur dan Kurangi Waktu Mandi

Selain berfungsi membersihkan tubuh, mandi juga bermanfaat untuk mendinginkan badan dan menurunkan emosi Oleh sebab itu, jika ingin membuat Murai Batu cepat emosi, anda bisa mengurangi kuantitas mandinya, serta memperbanyak waktu berjemur. Semakin hangat tubuh Murai Batu, maka akan lebih sensitif dan emosional.

  1. Lakukan Terapi Sauna

Jika Murai terlalu lemah dan tidak memiliki semangat petarung yang tinggi, maka cara membuat murai batu cepat emosi dengan terapi sauna ini sangat cocok dilakukan untuk memancing emosinya. Namun sebelum dilakukan, anda harus memperhatikan kondisi kesehatan Murai, agar benar-benar sehat dan normal. Tahapan melakukan terapi sauna pada Murai adalah

  • Sediakan air minum dan buah yang mengandung banyak air pada kandang, seperti tomat dan pepaya.
  • Jemur sangkar yang sudah di kerodong sebelum pukul 11 siang, agar tidak terlalu panas.
  • Biarkan resleting kerodong sedikit terbuka, dan semprotkan spray pada permukaan kerodong setiap beberapa menit.
  • Lakukan terapi kurang dari 1 jam.
  1. Putarkan Materi Lagu yang Sesuai Karakter

Anda juga harus lebih sering melakukan master pada burung dengan memilihkan mp3  yang sesuai karakternya. Dengan demikian, Murai akan terpancing untuk mengolah suara yang diputarkan, namun selama proses pemasteran, burung harus dikerodong agar bisa fokus menyimak.

  1. Letakkan di Lokasi yang Memancing Emosi

Ada beberapa lokasi yang digunakan sebagai cara membuat murai batu cepat emosi, bahkan membantu Murai agar selalu berani dalam segala kondisi, yaitu

  • Sandingkan dengan Burung Kicau Lain

Lokasi yang bisa memancing emosi Murai adalah yang berdekatan atau bersandingan dengan burung kicau lain. Dengan adanya suara kicauan burung lain, maka Murai akan mudah emosi dan terpancing untuk berkicau.

  • Meletakkan Burung Lain dalam Sangkarnya

Lokasi yang lebih ekstrem adalah dalam sangkar yang sudah diletakkan burung lain di dalamnya. Dengan keberadaan burung lain dalam sangkar, maka murai akan berusaha mempertahankan rumahnya dari penguasaan burung lain, sehingga emosinya meningkat.

  • Letakkan di Tempat Ramai

Biasakan untuk meletakkan murai di tempat yang ramai, selain membuat Murai mudah emosi, tempat yang ramai juga bisa menjadi arena latihan, agar mentalnya lebih kuat dan berani.

  1. Memberikan Ramuan

Selain menambah takaran serangga yang mengandung banyak protein, anda juga bisa membuat ramuan sendiri sebagai cara membuat murai batu cepat emosi, ramuan tersebut meliputi :

  • Kuning Telur

Kuning telur juga sangat bermanfaat untuk menambah stamina, dan menambah birahi Murai sehingga cepat emosi. Anda bisa membaluri jangkrik yang akan dimakan Murai dengan kuning telur, atau menyuntikkan cairan kuning telur dalam tubuh jangkrik sebelum dimakan Murai.

  • Ramuan Jahe

Jahe akan memberikan efek hangat pada Murai untuk menambah birahi serta nafsu makannya. Selain itu, jahe juga sangat bermanfaat untuk merangsang Murai agar lebih gacor dan megeluarkan suara yang indah. Cara penggunaannya adalah dengan memasukkan potongan jahe yang kecil dalam tubuh jangkrik, agar tertelan oleh Murai.

Beberapa cara membuat murai batu cepat emosi di atas, sangat mudah diterapkan, dan ampuh memancing emosi Murai yang sebelumnya pendiam. Murai yang cepat emosi sangat berpotensi untuk memenangkan lomba kicau.  Namun, jangan terlalu sering melakukan terapi di atas tanpa memperhatikan kondisinya, karena emosi yang berlebihan bisa berdampak buruk di kemudian hari.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *